Tutorial Foto Keren yang Estetik Menggunakan HP 2023

DesaNgawi.ID Tutorial Foto Keren – Saat ini dikeluarkan semua orang punya hape. Memiliki hape sekarang ini bukan barang eksklusif kembali.

Apa lagi sekarang di zaman yang serba digital, dengan kehebatan tehnologi hape datang dengan feature, kekuatan dan detail yang makin hebat, kece dan oke.

Tidak kecuali untuk masalah photo dan swa photo alias selfie. Sekarang ini sangat umum kita saksikan dimana saja orang suka mendokumentasikan peristiwa cantik dalam kehidupan mereka lewat photo selfie dari camera hape mereka. Bahkan juga swafoto alias selfie menjadi tren dan pola hidup saat ini.

Tutorial Foto Keren

Life model zaman now 🙂

Bahkan juga saat ini, kecondongan dan rutinitas orang makin berubah mengarah yang lebih sederhana dan mobile. Dahulu, kalau ingin mendokumentasikan peristiwa dengan kualias photo yang lebih baik, DSLR atau camera digital adalah opsi terbaik.

Sekarang, karena karakternya yang lebih ringkas, sederhana, enteng dan gampang dibawa ke mana saja, orang lebih suka mendokumentasikan beberapa momen cantik dalam kehidupannya melalui camera hape mereka.

Apa lagi sejumlah fitur dan detail hape dan handphone yang ada sekarang ini makin hari makin hebat dan beberapa ada yang mempunyai resolusi sama dengan atau bahkan juga lebih dari camera DSLR atau mirrorless.

Misalnya, Huawei P20 Pro. Handphone dengan triple rear kamera (3 camera khusus) ini mampu hasilkan resolusi sampai 68 MP! Sebuah inovasi yang paling hebat untuk camera handphone.

Nach, dengan kekuatan dan detail hape seperti itu, hasilkan photo kece kualitas tinggi melalui hape atau handphone dapat anda menghasilkan.

Dapat hasilkan photo kece berkualitas tinggi melalui hape seperti camera DSLR atau mirrorless sebagai mimpi beberapa orang. Yah siapa sich yang tidak mau hasilkan beberapa foto kece bak camera hebat walau melalui hape doang?

Serius. Anda tidak harus beli dan mempunyai camera DSLR atau mirrorless untuk dapat hasilkan photo kece berkualitas tinggi.

Sekarang dengan perkembangan tehnologi yang ada saat ini, ditambah dengan makin hebatnya camera yang berada di hape dengan resolusi yang makin tinggi dan baik. Hasilkan photo kece melalui hape bukan sekadar mimpi kembali.

Anda yang belum sanggup beli camera DSLR dan camera mirrorless yang hebat karena kebatasan dana, tapi ingin belajar photografi dan hasilkan photo kece, masih tetap dapat melakukan dengan camera ponsel atau handphone anda.

Yah, ini betulan kok. Tidak pakai boong hehehe 🙂

Anda kemungkinan menanyakan, bagaimana sich trick dan triknya supaya memfoto dengan camera hape atau handphone tapi masih tetap dapat hasilkan photo yang jernih, kece, konsentrasi, menarik dan tidak kalah dari hasil camera profesional seperti DSLR maupun mirrorless?

Ingin tahu triknya? Ingin tahu? 🙂

Tenang… dalam artikel ini kami akan share tutorialnya. 🙂

Ok, anda siap? Silahkan kita teruskan.

Tutorial Foto Keren yang Estetik

Berikut dibawah ini Tutorial Foto Keren yang Estetik, antara lain:

Tutorial Foto Keren Menggunakan HP

  • Ketahui kekuatan – plus minus camera ponsel anda

Segala hal di bumi ini mempunyai dua segi, kemampuan dan kekurangan,  kekurangan dan kelebihan, plus dan minus. Tidak kecuali dengan ponsel atau handphone anda. Nach, saat ini coba lihat ponsel atau handphone anda.

Apa merek dan basis ponsel anda, iPhone, Android, Windows Phone? Bagaimana spesifikasi cameranya? Berapakah resolusinya? Apa tipe lensa yang dipakai? Berapakah aperture atau bukaannya? ISO-nya bagaimana? Apa ponsel anda lebih baik untuk memfoto pada siang hari daripada saat malam hari?

Semuanya harus anda lihat dan anda ketahui supaya anda sanggup hasilkan kualitas photo yang kece melalui ponsel atau handphone anda. Coba saksikan dan check feature, kekuatan dan detail ponsel anda.

Janganlah lupa untuk atur besaran megapixel-nya ke resolusi yang tertinggi. Resolusi camera sebagai salah satunya aspek terpenting hasilkan photo yang tajam dan jernih.

Tetapi ingat, resolusi besar yang ada di handphone atau ponsel tidak jamin selalu untuk dapat hasilkan kualitas gambar yang baik. Bisa jadi handphone yang mempunyai resolusi 16 MP dapat kalah atas handphone yang cuma mempunyai 12 MP resolusi cameranya.

Tidak yakin? Lihat ponsel Samsung Galaxy S7 yang cuma mempunyai resolusi 12 MP tetapi dapat hasilkan photo yang lebih baik daripada Samsung Galaxy S6 walau sebenarnya resolusi Samsung Galaxy S6 semakin tinggi yakni 16 MP.

Apa rahasianya? Rupanya rahasianya berada pada tipe lensa yang dipakai! Feature hebat yang dibawa di suatu lensa camera ponsel rupanya benar-benar memengaruhi kualitas photo yang dibuat.

  • Menjaga kebersihan lensa ponsel anda

Rerata tiap orang selalu memegang ponsel atau handphone saat melancong kemana sajakah. Ini membuat ponsel atau handphone jadi benda yang paling rawan terserang debu, minyak, keringat dan kotoran yang berada di sekitar anda.

Menjaga kebersihan lensa ponsel anda

Tidak seperti lensa camera digital yang diberi lens cap atau penutup lensa, lensa yang berada di ponsel atau handphone anda pasti tidak diberi hal seperti itu. Bahkan juga sekalinya memakai case perlindungan, sisi kaca lensa pasti didiamkan terbuka. Karenanya, menjaga lensa camera ponsel anda supaya masih tetap bersih. Lakukan untuk bersihkan lensa camera saat sebelum memfoto.

Ingat, sebagus apa saja kita memfoto dan sebaik apa saja object yang dipotret kalau lensa kita kotor karena itu hasilnya tentulah jelek dan tidak bagus.

Karenanya, selalu membersihkan lensa hape anda dari minyak, kotoran, debu, keringat dan sisa sidik jemari. Ingat untuk membersihkan dengan memakai tissue atau kain bersih yang lembut. Tidak perlu cairan apa saja.

Seka secara perlahan-lahan, janganlah sampai kaca lensanya tergesek. Yakinkan supaya lensa masih tetap pada kondisi kering dan bersih. Supaya tidak jadi tempat tumbuhnya jamur lensa.

Beli paket pencuci yang banyak dipasarkan di toko aksesori camera ialah opsi yang akurat. Bila terserang minyak atau kotoran, pakai cairan pencuci LCD atau kacamata.

Jauhi mengelap lensa dengan kain memiliki tekstur kasar, ini supaya lensa camera ponsel anda tidak lecet. 🙂

  • Lihat penerangan

Istilah lain dari photografi ialah melukis dengan sinar. Pakai penerangan alami, yakinkan penerangan yang ada cukup. Tidak boleh terlalu berlebih apa lagi kurang. Ini penting.

Lihat penerangan foto hp anda

Ingat kebatasan sensor lensa camera pada ponsel anda yang ukuran pasti lebih kecil dari camera DSLR atau mirrorless. Karena ukuran yang kecil automatis kekuatan tangkap sinar semakin sedikit.

Karenanya, anda harus menyiasatinya dengan memfoto di dalam lingkungan yang cukup jelas. Ingat, camera ponsel atau handphone tidak sesensitif mata kita yang dapat menyaksikan dalam keremangan.

Karena itu, upayakan supaya sinar yang menyinari object photo memenuhi. Karena itu, tidaklah aneh bila hasil photo outdoor condong lebih baik dibanding hasil photo indoor.

  • Konsentrasi pada satu object – tentukan object yang memikat

Sekalinya anda telah jago sekali memfoto, kuasai bermacam tehnik photografi yang repot bin njlimet dan tinggi-tinggi bahasanya, tetapi kalau object yang difoto kurang memikat yah sama juga. Tentu hasil photo yang ada kurang memikat nanti.

Salah satunya langkah supaya photo terlihat makin menarik dengan konsentrasi pada satu object yang kelihatan menarik. Bagaimanakah cara memastikannya? Memperbanyak menyaksikan dan memperbandingkan hasil photo dari photografer lain.

Sering-seringlah stalk timeline IG mereka J lalu dalami object yang umum mereka foto. Kemudian dapatkan spirit anda di mana. Bila tertarik memfoto sunset atau sunrise. Menjadikan itu object khusus anda. Tertarik memfoto bunga? Silakan dapatkan bunga yang terindah dan bagus yang dapat anda foto.

Untuk membikin object yang dibuat menjadi lebih menarik anda dapat memakai settingan model macro pada ponsel anda plus dampak bokeh (latar belakang blur) hingga object yang diincar dapat semakin detil, konsentrasi dan menarik.

  • Coba sudut pandang yang lain

Coba memfoto dari lokasi yang tidak biasa. Coba sudut pandang yang lain. Photo dari pemikiran dan sudut pandang yang biasa saja karena itu hasilnya akan biasa saja. Karenanya, coba memfoto dari pojok atau sudut pandang yang lain.

Coba sudut pandang yang lain

Misalkan, jongkok dan fotolah dari pojok dan sudut pandang yang lebih rendah dari object fotonya. Dengan demikian photo kita akan memberikan kesan-kesan khusus yang tidak biasa disaksikan mata manusia normal.

Atau kadang-kadang coba memfoto pesawat yang terbang dari lokasi yang terendah dan horizontal. Hingga memberikan dampak lain pada mata dan photo anda.

Ambil photo dengan sudut pandang yang unik, berlainan dan tidak biasa bisa membuat kesan-kesan yang dalam pada photo anda. Hal ini akan membuat photo itu lebih memorable (selalu diingat).

Dengan sudut pandang yang lain, akan membuat fantasi optik atau dampak optikal pada mata hingga object photo yang dibuat kelihatan unik, tidak biasa dan berlainan.

  • Berikan efek filter yang cocok, tidak boleh terlalu berlebih

Pemberian dampak filter seperti putih hitam, sepia, dampak negatif photo, dll bisa jadi bagus, bisa jadi buruk. Ini karakternya relatif dan subyektif. Tetapi, menurut banyak orang jika photo telah kebanyakan dikasih filter, hasilnya justru jadi buruk.

Berikan filter efek yang cocok

Editlah dengan arah khusus untuk perkuat kesan-kesan photo, tidak untuk menghiasinya. Karena bila terlalu berlebih, kesan-kesan yang ingin ditonjolkan dari sebuah photo akan menyusut.

Pesan yang ingin dikatakan akan bias. Malah, photo yang didiamkan simpel dan tidak banyak polesan atau filter dapat jadi lebih bagus. Karenanya, sedapat mungkin meminimalkan pemberian dampak filter yang terlalu berlebih alias lebay bin jablay bin kamsuupay hahaha 🙂

  • Lihat settingan “white balance” – bila ponsel anda memberikan dukungan feature itu

Mata manusia umumnya akan sesuaikan keadaannya dengan sinar dan penerangan. Demikian juga dengan camera pada ponsel anda tetapi dengan kekuatan yang lain tentu saja.

Camera pada ponsel umumnya akan menyaksikan warna object yang ada dengan ketepatan yang tidak begitu tepat. Misalkan warna pada object merah kelihatan lebih gelap ataupun lebih jelas pada camera ponsel anda.

Hal ini berlaku untuk hape yang mempunyai detail tinggi sekalinya. Walau ini karakternya relatif dan subyektif. Karenanya, bila ponsel anda memberikan dukungan feature dan penataan white balance. Pakai feature itu. Bila tidak, melakukan eksperimenlah dengan settingan-settingan lainnya.

  • Lihat “exposure” nya

Di dunia photografi kerap kita dengar istilah exposure, under exposure dan over exposure. Apa sich sebetulnya makna exposure itu?

Eksposur merujuk pada berapa banyak sinar yang jatuh atau masuk ke media (film atau sensor gambar) yang hendak memengaruhi berapa jelas atau gelapnya photo yang dibuat oleh camera.

Tidak cuma pada camera hebat saja seperti DSLR dan mirrorless, anda harus juga memerhatikan eksposur pada camera ponsel atau handphone anda.

Tingkat exposure akan memengaruhi kualitas photo keseluruhannya. Karenanya, bila anda ingin memperoleh photo yang kece dan berkualitas sekalian berkualitas. Lihat eksposurnya. Lihat penerangannya.

  • Pakai mode HDR di keadaan yang kontras sinar

Anda pernah memakai model HDR saat memfoto? Anda tahu apa perannya? Bila belum, ketahui lebih dulu apa peranan model HDR itu. Hingga anda dapat semakin memahami kapan dan dimana situasi dan kondisi yang membutuhkan feature itu.

Pakai mode HDR saat berfoto

Pada umumnya feature HDR dapat anda pakai saat memfoto pada keadaan dengan kontras yang tinggi. Misalkan memfoto pada siang terik tetapi objectnya pada bagian yang gelap entahlah karena dinaungi pohon-pohonan atau dalam ruangan.

  • Pegang HP Se-Stabil Kemungkinan

Tidak ada seorang juga yang suka menyaksikan photo yang blur atau kabur. Maka dari itu, belajarlah untuk jaga konsistensi dan ketenangan saat memfoto.

Pegang HP Se-Stabil Saat Berfoto

Makin konstan camera yang anda pegang di saat memfoto, makin bagus hasil photo yang hendak anda peroleh. Karenanya, upayakan supaya tangan anda masih tetap tenang saat ambil photo.

Jika memang perlu gunakan benda yang lebih konstan sebagai sandaran, misalkan pohon atau tembok hingga menolong konsistensi tangan di saat memfoto.

  • Upayakan supaya object yang dipotret pada kondisi diam

Satu diantara keunggulan khusus camera DSLR atau mirrorless dalam memfoto ialah kekuatan membekukan object dalam kecepatan tinggi (freeze).

Ini pasti berlainan dengan camera ponsel atau handphone yang kekuatan dan detail belum terlampau sanggup memfoto benda bergerak.

Mengincar object bergerak pasti  lebih sulit daripada object yang diam. Karenanya, usahakan supaya object photo anda pada kondisi diam dan tidak bergerak atau goyang.

Karena ini akan menyebabkan hasil photo yang ada blur atau kabur. Beda hal saat anda memakai camera DSLR atau mirrorless yang notabene lebih oke tangkap object walau sedang bergerak dengan kecepatan tinggi sekalinya.

Karenanya, sebaiknya bila object yang hendak dipotret diusahakan sedapat mungkin pada kondisi diam. Ok? 🙂

  • Pakai Mode Burst

Beberapa type ponsel atau handphone datang dengan feature atau mode burst atau opsi untuk memfoto secara berturut-turut dan beruntun banyak photo sekalian.

Pakai Mode Burst

Bahkan juga jika bisa disebutkan, sebagian besar ponsel dan handphone zaman now sekarang datang dengan feature ini.

Supaya peristiwa yang anda foto dapat terekam prima, tidak boleh sangsi untuk memakai model ini. Gunakan feature ini untuk memperoleh hasil photo yang kece. Mengambil sebanyak-banyaknya photo lalu tentukan yang mana terbaik.

  • Jangan sampai pakai “zoom” mendekatlah ke object photo

“If your pictures aren’t good enough, you’re not close enough” Robert Capa

Terjemahan bebas dari quote Robert Capa di atas ialah kalau photo anda kurang cukup bagus maknanya anda kurang cukup dekat sama objectnya. Benar-benar logis bukan. Anda sepakat?

Ada beberapa kelebihan yang dapat anda peroleh bila anda merapat ke object yang ingin difoto. Pertama, dampak bokeh akan terbentuk pada latar belakang-nya. Ingat, salah satunya factor terbentuknya dampak bokeh ialah jarak di antara camera dengan object yang ingin dipotret.

Yang Ke-2 , anda tak perlu memakai zoom camera yang hasilnya jelek dan menyebalkan. Plus anda bisa mengkomposisi object di semua frame photo yang ada.

  • Lihat dan capture detil-detil kecil

Yang bebas bisa disimpulkan jika, selalu lihat deskripsi besarnya tetapi ingat detil-detil kecilnya, karena detil itu seperti iblis yang hendak merusak anda.

Kemungkinan anda akan menanyakan. Lantas hubungan dengan belajar photografi melalui camera ponsel apaan? Sederhana saja. Sebuah photo akan kelihatan lebih cantik, hidup dan terkesan jika anda cermat, jeli dan betul-betul mempertimbangkan detilnya. Sekecil apa saja itu.

Karena benar-benar bisa maka sebuah photo yang sebetulnya bagus sekali dan bagus dapat kurang dampaknya atau pesannya atau terdistorsi melalui object tertentu dalam photo karena minimnya perhatian pada detil-detil yang kecil.

  • Lihat dan dalami formasi photo anda

Formasi pada photo itu penting. Bahkan juga salah satunya yang paling penting saat belajar photografi. Karena formasi akan tentukan berapa bagus photo anda, apa photo anda bermakna atau sekedar hanya jepret – jepret biasa-biasa saja.

Formasi sendiri benar-benar kompleks untuk didalami. Dalam photografi kita mengenali bermacam istilah berkaitan formasi seperti rule of third, golden ratio, spiral, pattern dan ada banyak kembali.

Untuk mempermudah anda, saat ingin memfoto coba pikir kembali apa object dan latar dan beberapa benda dalam frame telah terlihat pas dan selaras ataukah belum? Apa masih tetap ada langkah supaya terlihat lebih bagus?

Entahlah ada object yang digeser atau anda yang perlu berubah J atau dengan bersihkan lokasi yang ada dari sampah yang kelihatan atau beberapa objek yang lain mengusik. Ingat, hal – hal simpel ini benar-benar punya pengaruh pada formasi photo anda.

  • Jauhi pemakaian “flash”

Sebetulnya pemakaian flash itu boleh-boleh saja. Tidak ada yang larang. Tetapi yang dianjurkan ialah penerangan alami jauh lebih bagus daripada sinar yang keluar blitz atau flash.

Karena kadang sinar yang keluar flash itu bisa kurangi dampak dan kesan-kesan yang mencoba ditonjolkan dari sebuah photo. Photo yang diincar tanpa flash kadang lebih kelihatan alami dan natural daripada ada penerangan melalui flash.

Pakai flash cuma saat object yang ingin diincar pada kondisi kurang sinar. Sementara pada sinar yang betul-betul rendah atau gelap, pakai flash dibarengi dengan kenaikan eksposur dan tingkat ISO.

  • Angle is everything – coba angle yang ekstrim

Apa yang membuat ponsel atau handphone lebih luar biasa dibandingkan camera DSLR yang lebih berat? Jawabnya sederhana saja. Ukuran yang imut, berat yang mudah, dan enteng dan gampang dibawa ke mana saja.

Gunakan kelebihan ini untuk memfoto dengan angle yang tidak biasa. Coba angle atau pojok pengambilan foto yang ekstrim. Anda dapat coba memfoto di atas tanah tak perlu tiarap.

Anda dapat juga memphoto dari pojok yang sempit tanpa ada kesukaran membuat konstruksi. Anda dapat coba sut foto dari atas ketinggian yang cukup curam. Coba foto segarnya air pegunungan dari wilayah danau yang sejuk, dan ada banyak kembali.

Pokoknya, anda harus berani ambil gambar dari pojok atau angle yang tidak biasa, ekstrim dan anti mainstream. Anda perlu coba melakukan eksperimen dengan suatu hal yang tidak umum, unik dan sedikit nyleneh.

  • Pakai Tripod (jika perlu)

Bila anda ingin hasilkan photo yang lebih kece dan jernih, tidak blur. Anda dapat mencoba pakai tripod. Ini karakternya tidak harus dan tidak menekan.

Pakai Tripod Hp Saat Berfoto

Tripod benar-benar bermanfaat saat anda memfoto di keadaan yang kurang sinar atau ingin membuat photo slow speed light trail dengan ponsel atau handphone anda.

Walau demikian, untuk dapat hasilkan photo semacam itu anda perlu program khusus yang dapat memberi pemakai kekuatan atur segitiga photografi khususnya pilih shutter speed atau kecepatan rana-nya.

Itu juga tidak dapat digunakan di semua tipe ponsel atau handphone, cuma pada beberapa type dan merk tertentu saja.

Satu perihal kembali, supaya ponsel atau handphone anda dapat diletakkan di tripod, anda perlu holder khusus yang dapat dihubung ke mount tripod. Holder seperti ini banyak dipasarkan lewat cara online. Silakan google sendiri 🙂

  • Cepat tangkap tiap peristiwa

Setiap tempat dan keadaan dan pada kondisi apa saja seyogyanya anda selalu cepat dan siap tangkap tiap peristiwa yang ada. Agar anda cepat tangkap peristiwa itu, anda perlu belajar untuk memerhatikan keadaan di sekitar anda.

Tidak boleh cuma terdiam pada monitor ponsel, monitor netbook atau sosial media yang ada. Membuka mata anda dan lihat keadaan di sekitar anda. Bila anda cermat anda akan mendapatkan object photo yang menarik dan bagus untuk di-capture.

Lihat sunset tidak saat hari mulai senja. Lihat refleksi pohon saat pada siang hari. Sesudah hujan stop coba memfoto pelangi. Bagaimana dengan memfoto dari ketinggian atau sejuknya air di pegunungan.

Semua tidak dapat terlukiskan dengan kalimat. Tetapi, bisa terwakili dengan sebuah photo yang cantik dan inovatif. 🙂

  • Pakai lensa tambahan / external (opsional)

Siapa ngomong ponsel atau handphone tidak dapat digunakan lensa tambahan? Sekarang ini telah banyak tersebar lensa tambahan atau lensa external khusus handphone yang memberi dampak tertentu untuk hasil photo anda.

Sayang kualitas lensa tambahan ini rerata belum juga lumayan memadai. Salah satunya lensa handphone yang lumayan bagus ialah produk dari produsen Lensbaby. Silakan anda google dan tulis keyword “Lensbaby”.

  • Buat photo anda menceritakan

Salah satunya trick agar photo anda tampil kece dan menarik dan mempunyai kesan-kesan yang dalam dengan membuat photo itu menceritakan. Anda memahami tujuannya?

Ini, tiap peristiwa dalam kehidupan itu khusus dan tidak terpindahkan. Dan hal itu tidak bisa terulang kembali sampai kapan saja. Photo dalam masalah ini bisa sebagai wakil masa lalu itu. Foto yang ada pada photo bisa menceritakan atau memberi kesan-kesan dan pesan mengenai hal tersebut.

Nach, tiap orang yang kelak menyaksikan hasil photo anda itu dapat mengerti dan paham makna dan arti dibalik pembikinan photo itu.

Supaya lebih gampang dimengerti oleh orang yang menyaksikannya, siapkan 2 atau 3 photo yang sama-sama berkaitan keduanya. Beberapa foto itu nanti bisa menceritakan mengenai kejadian atau peristiwa yang terjadi waktu itu.

Trick ini pantas anda coba dan bagus sekali terutama saat anda melakukan perjalanan seperti traveling, turing atau hiking. Tidak yakin? Silakan coba sendiri dan lihat apa yang terjadi hehehe 🙂

Penutup

Begitu Tutorial Foto Keren yang Estetik Menggunakan HP 2023 . Anda yang ingin belajar fotografi lewat kamera ponsel bisa coba beberapa trik baik di atas. Oke? Selamat berhenti! 🙂